Daftar Kecelakaan Pesawat Hercules di Indonesia

Sebuah pesawat militer berjenis Hercules jatuh di Kota Medan, Sumatera Utara, tepatnya di Jalan Jamin Ginting. Insiden terjadi sekitar pukul 11.50 Waktu Indonesia Barat. Badan pesawat yang terbakar terlihat di ruas jalan. Sejumlah rumah rusak tertimpa puing pesawat. Diperkirakan belasan orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Namun, tahukah kamu bahwa kecelakaan tersebut bukan yang pertama kalinya terjadi di Indonesia. Setidaknya terdapat 4 kecelakaan pesawat serupa yang pernah terjadi di Indonesia. Berikut daftar selengkapnya:

20 November 1985
Pesawat Hercules C 130 H-MP milik TNI AU jatuh setelah menabrak dinding Gunung Sibayak, Sumatera Utara, dan menewaskan 10 awak.

5 Oktober 1991
Pesawat Hercules C 130 milik TNI AU kembali jatuh. Pesawat jatuh saat perayaan HUT ke-46 ABRI di kawasan Condet, Jakarta Timur. Dalam peristiwa tersebut sebanyak 135 orang meninggal dunia. Korban terdiri dari 12 awak, 121 anggota Paskhas TNI AU, dan dua sekuriti Balai Latihan Kerja Departemen Tenaga Kerja.

11 Mei 2009
Pesawat angkut Hercules C 130 TNI AU mengalami kecelakaan. Saat itu pesawat mengalami lepas ban ketika mendarat di Bandara Wamena, Papua. Roda pesawat yang copot menghantam satu warga. Berdasarkan keterangan saksi mata, pesawat tergelincir karena ban bagian belakang pecah.

20 Mei 2009
Pesawat Hercules Alpha 1325 milik TNI AU jatuh di Desa Geplak Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Dalam peristiwa itu sedikitnya dua orang tewas.

Baca juga: 10 Diktator Paling Gila dan Kejam di Era Modern
0 Komentar untuk "Daftar Kecelakaan Pesawat Hercules di Indonesia"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2014 Info Update - All Rights Reserved
Template By Catatan Info